Jumat, 28 Oktober 2016

Obat Penawar Masalah


Menjalani hidup terkadang tidak sesuai dengan apa yang  diharapkan. Ketika masalah datang silih berganti manusia membutuhkan ketenangan hati dan pikran. Masalah yang tidak kunjung berhenti membuat manusia frustrasi. Tidak sedikit diantara manusia yang mencari ketenangan jiwa dengan cara-cara yang tidak halal. Misalnya mabuk dan mengonsumsi narkoba. Cara-cara itu diyakini membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Namun, mereka tidak memikirkan dampak negatif yang ditimbulkan dari cara-cara tersebut. hal-hal yang diharamkan oleh agama sudah pasti mempunyai dampak yang tidak baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Manusia, terutama umat Islam sering lupa padahal dalam ajarannya  banyak cara untuk membuat hati dan pikirannya tenang. Ada beberapa cara untuk membuat hidup menjadi tenang sesuai dengan ajaran agama yang tidak menimbulkan dampak negatif. Inilah obat mujarab penawar masalah.

1. Mendirikan salat

Selain kewajiban seorang muslim, salat memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan jasmani maupun rohani manusia. Dengan mendirikan salat membuat emosi lebih terkontrol karena saat mengerjakannya penuh dengan ketenangan dan khusyuk. Selain pengabdian diri kepada sang Maha Kuasa, salat juga mencegah diri dari keburukan karena ada energi kuat antara makhuk dengan Tuhannya. Gerakan salat juga mampu mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah osteoporosis. Gerakannya yang merupakan bentuk senam ringan dilakukan selama lima waktu setiap hari membuat tulang menjadi kuat. Salat membuat hidup manusia lebih bersemangat karena harus mengerjakan setiap waktu. Seperti salat subuh yang mengharuskan manusia bangun pagi kemudian mengambil wudhu lalu mengerjakan salat. Hal itu secara tidak sadar melatih kedisiplinan sehingga hidup akan terasa bahagia. Dengan salat mampu mencegah manusia berbuat hal-hal negatif yang dapat merusak kehidupan.

2. Membaca quran

            Quran merupakan kitab suci bagi kaum muslim. Segala petunjuk tentang hidup sudah tersedia di dalamnya. Quran yang dibaca mengandung banyak kebaikan. Quran yang merupakan pedoman hidup manusia selalu menuntun manusia ke jalan yang benar. Membaca quran setiap saat membuat hati menjadi sejuk dan merasa tenang sehingga dapat meredam emosi dan amarah. Membaca quran juga memotivasi diri sehingga membuat hidup menjadi lebih semangat.

3. Memperbanyak puasa

            Puasa tidak hanya dilakukan saat bulan Ramadhan. Puasa bisa dilakukan setiap saat karena dapat melatih kesabaran dan mencegah nafsu manusia. Puasa juga membantu menguasai diri dari hal-hal negatif. Puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia diantaranya membersihkan usus-usus, memperbaiki kinerja pencernaan, dan mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak dalam tubuh. Dengan memperbanyak puasa hati dan pikiran menjadi tenang karena selama berpuasa otak dilatih untuk terus berpikir positif.

4. Berkumpul dengan orang-orang baik

            Manusia selaku makhluk sosial tentunya harus bersosialisasi dengan siapa saja. Namun bukan berarti tidak ada batasan, manusia harus cerdas dalam bergaul. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perilaku diri manusia. Untuk menghindari hal-hal tidak baik maka berkumpulah dengan orang-orang yang baik karena akan memunculkan sikap baik pula. Berada di lingkungan yang baik membuat hidup lebih tenang dan tentram.

5. Berdzikir dan berdoa

            Sebaagai makhluk ciptaan-Nya, manusia harus berserah diri dan meminta segalanya hanya pada Sang Penciptanya. Dengan cara berdzikir membuat hati manusia menjadi lebih tenang dan tentram. Berdzikir dapat mencegah manusia dari hawa nafsu karena terus mengingat nama-Nya.

            Dengan demikian tidak ada alasan lagi untuk menenangkan diri dengan cara yang diharamkan agama. Banyak cara yang mudah untuk membuat hidup menjadi tenang, kuat menerima cobaan, dan terhindar dari hal-hal yang diharamkan. Masih banyak cara-cara lain yang dapat kita lakukan dengan mudah untuk mengobati hati yang sedang bermasalah. Setiap masalah yang datang sudah pasti ada jalan keluarnya, kuncinya dengan bersabar dan ikhlas.

52 komentar:

  1. Tulisan ini berhasil membuat saya berpikir keras kepada diri saya sendiri. Terkadang kalau ada masalah saya lupa atau malas mungkin melakukan setiap hal di atas, paling hanya beberapa saja, biasanya masalah cuman disesali, ditangisin, padahal ada cara ampuh untuk mengatasinya.

    Nice tulisannya, membuat saya kembali ingat dengan sebuah kutipan cantik di film ayat-ayat cinta dulu, "ikhlas dan sabar itu Islam." Sangat setuju dengan tulisan penulis, penuh makna.

    Ditunggu tulisan selanjutnya!

    BalasHapus
  2. Subhanallah.. sungguh artikel yang bagus. Mengambil temanya saya rasa sudah tepat. Artikelnya ditulis dengan mudah dimengerti, namun sangat informatif. Saya sangat setuju dengan artikel ini. Artikel seperti inilah yg sangat dibutuhkan. Terima kasih atas tips-tips yg telah diberikan, semoga dapat menjadi pencerahan untuk saya dan yg lainnya. Ditunggu artikel yg lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Srmoga bermanfaat ya, terimakasih atas komentarnya

      Hapus
  3. Subhanallah.. sungguh artikel yang bagus. Mengambil temanya saya rasa sudah tepat. Artikelnya ditulis dengan mudah dimengerti, namun sangat informatif. Saya sangat setuju dengan artikel ini. Artikel seperti inilah yg sangat dibutuhkan. Terima kasih atas tips-tips yg telah diberikan, semoga dapat menjadi pencerahan untuk saya dan yg lainnya. Ditunggu artikel yg lainnya.

    BalasHapus
  4. sedikit tambahan, Melakukan Perjalanan pun bisa mengurangi stress karena masalah kehidupan, apalsgi perjalanan ke tempat2 yang belum pernah kita kunjungi. Melakukan perjalanan bukan berarti menghilangkan masalah tapi meringankan beban pikiran dari masalah tersebut, jika dalam perang ibarat "Mundur Untuk Menang", karena sejatinya hidup manusia selalu ada masalah dan itu tak bisa dihindari. hadapilah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tambahannya, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dalam menulis

      Hapus
  5. Artikel yang sangat bagus, sangat bermanfaat terlebih lagi didalamnya terdapat saran dan solusi untuk lebih memperbaiki diri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terima kasih atas komentarnya, semoga tulisan ini bermanfaat

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. sabar dan ikhlas adalah statement yang paling saya suka. Artikel yang menyejukan hati. :)

    BalasHapus
  9. sabar dan ikhlas adalah statement yang paling saya suka. Artikel yang menyejukan hati. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin, semoga benar2 menyejukan hati untuk seluruh umat

      Hapus
  10. Setuju dengan pendapatnya, karna dengan mengingat Allah hati dan pikiran menjadi tenang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin semoga ya, terima kasih sudah mampir ke blog ini

      Hapus
  11. Artikel yg bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin, terimakasih atas kunjungannya ke blog ini

      Hapus
  12. Artikelnya sangat bermanfaat terkadang kita ketika mempunyai masalah lupa sama semua itu,

    BalasHapus
  13. SubhanaAllah. Artikel yg luar biasa!

    BalasHapus
  14. Maa Syaa Allah. Sangat bermanfaat sekali :) Jazakallah

    BalasHapus
  15. Maa Syaa Allah. Sangat bermanfaat sekali :) Jazakallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin, semoga ya, terima kasih sudah mengunjungi blog ini

      Hapus
  16. Iya juga yah, sederhana dan sebenernya itu deket sama kegiatan sehari hari. Makasih sudah diingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini

      Hapus
  17. Artikel yg sangat berguna dan informatif :) bisa diterapin buat diri sendiri nih biar hati & pikiran tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin, terimakasih atas kunjungannya ke blog ini

      Hapus
  18. Artikelnya sangat bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  19. Artikelnya sangat bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  20. Pantesan saya banyak masalah, ternyata saya berkumpul dengan orang2 tidak baik, terutama nino. astagfirullah, terimakasih informasinya

    BalasHapus
  21. Subhanallah artikelnyaa👍👍terima kasih kak sudah membuat hati menajdi sejuk karena artikelnyaa

    BalasHapus
  22. Laa tahzan innallaha maa'ana.
    Masya Allah artikelnyaaa, semoga gak hanya di baca tp bisa di amalkan juga yaa

    BalasHapus
  23. Sabar dan ikhlas. Semoga tidak sekedar ditulis tapi juga bisa dilakukan

    BalasHapus
  24. Jadi kembali lagi ke pribadi setiap orang dlm menyelesaikan masalahnya, sih. Karena sekuat apa pun org lain membantu, tapi kl dr dirinya sendiri nggak ada keyakinan, susah juga. Ditunggu tulisan-tulisan selanjutnya!

    BalasHapus
  25. Kalo tipsnya benar diikuti, gak hanya masalah dunia tapi insya Allah akhirat juga teratasi. 👍

    BalasHapus
  26. Adem bener bacanya.... Semoga bisa direfleksikan ke dalam kehidupan sehari-hari :)

    BalasHapus
  27. Sungguh informatif, saya implementasikan sepertinya akan berpengaruh baik

    BalasHapus
  28. Insya Allah hidup jadi lebih berkah jika semua tipsnya diterapkan. aamiin

    BalasHapus
  29. Tulisan ini membuat saya berfikir.. Supaya menjadi prajurit terbaik.. Untuk menjaga Indonesia ke depannya

    BalasHapus
  30. Tulisannya bagus ya. saya yang membacanya jadi hilang masalahnya

    BalasHapus
  31. Setelah membaca tulisan ini sampai titik, seperti ingin merenungkan diri sejenak. Ternyata obat dari masalah sebenarnya tidaklah susah. Terima kasih banyak Mas Ripal.

    BalasHapus
  32. Sungguh artikel yang bagus. Setelah membaca artikel ini mebuat saya untuk selalu mengingat Allah dan mendekatkan diri kepada Allah.

    BalasHapus